Foto saya
Mama dua anak, istri dari satu suami. Kini menjalani aktivitas sebagai konselor menyusui, doula persalinan, tukang motret, dan supir pribadinya anak-anak. Rumah ini berisi catatan randomnya, dalam belajar hidup sebagai manusia.

Sabtu, 31 Oktober 2015

Tentang Kita, Orang Paling Berpengaruh di Dunia


Apa yang kita beli dan konsumsi memiliki dampak bagi diri sendiri, setiap makhluk hidup, juga lingkungan. Mari berperan selamatkan alam: dengan menjadi konsumen yang bijak menentukan pilihan.  


gambar dari sini


Ia menyandang tuna rungu sejak lahir. Sehari-hari, Lena berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Pada suatu hari, ia bertatap muka dan berkenalan dengan Strawberry, seekor orang utan yang juga berkomunikasi dengan cara sama.

Awalnya, Lena dan Strawberry mengobrol dengan asyik. Mereka membahas permainan apa yang sering dilakukan, serta beberapa hal lain. Hingga kemudian, Strawberry bertanya pada Lena, “Kamu biasa makan apa?”.

Lena menjawab, “Selai kacang”. Karena Strawberry tidak mengerti seperti apa makanan yang disebut selai kacang itu, maka Lena menjelaskan bahwa selai kacang adalah makanan yang terbuat dari kacang, garam, gula, juga minyak sawit.

Saat itu juga, ekspresi wajah Strawberry berubah sedih. “Makananmu telah menghancurkan rumahku,” tuturnya dengan sorot mata pilu.



Bukan rahasia lagi, proses produksi minyak kelapa sawit telah membuat rumah Strawberry dan teman-temannya, alih fungsi. Hutan ditebang secara besar-besaran. Pembakaran lahan dilakukan secara sewenang-wenang.

Setelah penggundulan hutan, perusakan berikutnya adalah pembangunan saluran air untuk mengairi kelapa sawit. Dalam catatan Haris Gunawan, Direktur Pusat Studi Bencana Universitas Riau, yang dimuat National Geographic (September 2015), total pembangunan kanal yang ada saat ini mencapai 28 juta meter. Jika direntangkan, jarak itu setara dengan perjalanan bolak balik Jakarta – Los Angeles!

Kondisi ini bukan hanya memicu kebakaran di lahan gambut. Efeknya amat sangat panjang. Mulai dari bencana kabut asap, munculnya aneka macam penyakit, musnahnya kehidupan satwa dan keanekaragaman hayati, terusirnya saudara-saudara kita dari rumahnya sendiri, pemanasan global yang bertambah parah, hingga risiko bencana alam yang jauuuhhh lebih besar di kemudian hari. Yang akan dihadapi oleh anak cucu kita sendiri.

Dilema yang kita hadapi

Saya resmi patah hati, saat menyadari bahwa selai kacang milik Lena juga menghuni kulkas di rumah kami dengan setia - bersama produk-produk berbahan minyak sawit lainnya. Mulai dari minyak goreng, margarin, keripik jagung, pasta gigi, sabun, shampo, dan masih banyak lagi.

Rasanya seperti baru saja menyadari, bahwa saat ini saya sedang bunuh diri – sekaligus ikut membunuh kehidupan lain di alam ini.

“Jadi kita mau gimana dong? Berhenti pakai semua produk tadi? Ga pakai sabun, pasta gigi dan shampoo lagi?”, tanya suami.

Bagi sebagian orang, meninggalkan minyak goreng, margarin, pasta gigi, sabun dan sampo, bukanlah hal yang mustahil. Mas Gobind Vashdev, seorang heartworker yang berdomisili di Ubud, contohnya. Sudah beberapa tahun lamanya, ia sama sekali berhenti menggunakan produk-produk tadi. Sebagai penganut raw vegan, Mas Gobind tidak lagi memerlukan minyak goreng. Peran sampo, sabun dan pasta gigi di rumahnya pun cukup digantikan oleh jeruk nipis, garam laut, serta minyak kelapa.

Saya salut sekali dengan pilihannya. Namun jika saat ini diminta melakukan hal yang sama, dengan jujur saya akan menjawab: belum bisa. Meskipun sudah menghindari makanan prosesan dan lebih banyak mengonsumsi makanan segar, kami masih menggunakan pasta gigi. Anak-anak terkadang ingin bekal roti gandum berselai kacang seperti teman-temannya, dan keju juga masih menjadi kesukaan kami. Walaupun hanya dimakan sesekali.
“Lagipula, kalau dirunut lagi sepertinya kita juga nggak mungkin menghapus penggunaan kelapa sawit sama sekali,” kata Runa, teman saya.

Menurutnya, kerusakan hutan dan semua bencana yang terjadi belakangan ini bukan persoalan praktik pembakaran lahan – demi alih fungsi menjadi kebun kelapa sawit – semata. “Akarnya ada pada salah kelola sumber daya alam, dan kita semua turut punya peran,” tandas dia.

Kalau dipikir-pikir, pendapat Runa mungkin ada benarnya. Main boikot semua produk kelapa sawit bisa jadi bukanlah pilihan bijak, sebab tidak bisa dipungkiri, ada jutaan manusia yang menggantungkan sumber pencahariannya pada industri ini. Kalau ekspor ditutup, perusahaan bangkrut, perekonomian terpuruk, yang jadi korban ya… kita lagi, kita lagi.

Upaya dunia

Menyadari dampaknya bagi kehidupan dunia, pada tahun 2004, berbagai pemegang kepentingan dari berbagai sektor industri kelapa sawit mendirikan sebuah perkumpulan yang diberi nama Roundtable Sustainability Palm Oil (RSPO). Asosiasi yang didirikan oleh investor, produsen, distributor, akademisi, dan LSM bidang lingkungan ini bertujuan mengembangkan standar serta menerapkan prinsip produksi minyak kelapa sawit yang lebih etis dan berkelanjutan.

Kehadiran RSPO disambut kontroversi oleh berbagai kalangan, terutama para aktivis lingkungan.

Sebagian LSM menyoroti grup Wilmar dan Sinarmas. Kedua perusahaan tersebut telah menjadi anggota RSPO, namun justru merusak alam secara lebih parah.

GreenpeaceBritania terang-terangan menyatakan, kehadiran RSPO hanyalah ilusi belaka. Penghancuran hutan terus berlanjut. Para anggotanya pun tidak mengambil langkah apapun untuk menghindari praktik buruk dalam industri. Mereka tetap menebang hutan secara besar-besaran, dan merebut lahan milik masyarakat secara sewenang-wenang.
Sementara WorldWide Fund (WWF) cenderung memposisikan diri di tengah-tengah. Mereka mengakui bahwa penebangan hutan untuk membuka lahan perkebunan sawit telah mengancam hutan terbesar di dunia. Tindakan itu membahayakan spesies terancam seperti orang utan, dan membahayakan masyarakat. Meskipun demikian, WWF menyatakan, praktik pengolahan yang lebih baik akan membuat industri minyak sawit tetap bermanfaat tanpa mengancam kekayaan alam kita semua.
“Masalah ini hanya bisa diatasi dengan peran serta, integritas, dan komitmen dari semua pihak. Mulai dari investornya, produsennya, pemerintahnya, semua deh pokoknya!’, kata Runa.
Saya sependapat dengan pernyataannya itu.
Pertanyaannya, kapan kondisi itu terwujud?
Sampai kapan kita mengenggam harapan?
Sementara, setiap detiknya pohon demi pohon tumbang.
Teman-teman Strawberry di hutan menjerit kelaparan.
Merintih kesakitan.
Meregang nyawa dalam diam.

Mulai dari langkah terkecil
Pertengahan November besok, konferensi tahunan RSPO akan kembali digelar.
Saya kepingin tahu apa saja yang nantinya akan mereka bahas, bagaimana mereka menyikapi bencana kabut asap yang terjadi belakangan ini, dan seperti apa komitmen mereka di masa depan. We’ll see.
Sementara itu…
Sebagai orang yang paling berpengaruh di dunia, saat mengonsumsi produk berbahan sawit, saya akan belajar #beliyangbaik.
Dari daftar anggota yang tercantum di sana, saya akan saring lagi produk-produk tersebut berdasarkan kata kunci berikut:
1.      Pilih yang benar-benar prioritas dan tidak ada penggantinya.
2.      Pilih yang bukan produk fast food atau junk food.
3.      Pilih produk yang perusahaannya memiliki rekam jejak baik dan nggak munafik.

Sejujurnya... saya juga nggak tahu apakah langkah yang saya ambil ini bakalan ngaruh atau enggak.
Namun satu hal yang saya yakini:


“Jika tidak bisa membuat langkah yang besar, mulailah dari langkah terkecil. Dari yang kamu mampu. Dimulai dari diri sendiri” – anonim.

Referensi: